fbpx

Sebanyak 1.253 Karya Terkumpul dari Seleksi Penulis Emerging Indonesia 2019

Posted: 28 March 2019

Pada tanggal 15 Maret lalu, submisi karya untuk Seleksi Penulis Emerging Indonesia 2019 resmi ditutup. Seleksi Penulis Emerging Indonesia ini merupakan program khusus yang diprakarsai oleh Yayasan Mudra Swari Saraswati selaku penyelenggara Ubud Writers & Readers Festival untuk menemukan calon bintang-bintang sastra masa depan Indonesia. Para penulis emerging yang terpilih, nantinya akan diundang untuk menghadiri penyelenggaraan UWRF yang ke-16 pada bulan Oktober mendatang di Ubud, Bali. Karya mereka pun akan diterbitkan dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, melalui seri Antologi UWRF 2019.

Panitia seleksi mencatat ada 1.217 penulis Indonesia yang mengirimkan karya mereka, dengan jumlah total karya yang terhimpun sebanyak 1.253 karya. jumlah tersebut merupakan jumlah paling banyak yang pernah diterima panitia seleksi selama penyelenggaraan program sejak tahun 2008. Hal ini membuktikan bahwa semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap dunia sastra dan kepenulisan. Sesuai dengan ketentuan tahun ini, karya-karya tersebut terdiri dari puisi, cerpen, dan novel. Dengan jumlah puisi tetap menduduki peringkat teratas jenis karya yang masuk, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Karya yang terkumpul berasal dari penulis emerging dari penjuru nusantara dan beberapa penulis emerging yang berdomisili di luar negeri. Masih sama seperti tahun lalu, berdasarkan jumlah penulis yang telah mengirimkan karyanya, paling banyak berasal dari provinsi Jawa Timur (221 penulis), Jawa Barat (182 penulis), Jawa Tengah (167 penulis), DKI Jakarta (70 penulis), dan Yogyakarta (69 penulis).

Pada seleksi tahun 2019 ini, 40,35% penulis yang mengirimkan karyanya adalah pria dan 59,65% lainnya adalah wanita. Sementara itu, pengirim karya dari kelompok usia remaja (16-25 tahun) menduduki peringkat tertinggi, yaitu 702 penulis, kemudian disusul dengan pengirim karya dari kelompok usia dewasa (26-45 tahun), yaitu 459 penulis. Kebanyakan dari pengirim karya tahun ini masih berstatus pelajar, sejalan dengan visi dan misi UWRF dalam membangkitkan gairah kesusastraan di kalangan generasi muda Indonesia.

Kini, karya-karya yang masuk sedang dalam proses kurasi awal oleh tim UWRF dan akan dilanjutkan oleh Dewan Kurator yang terdiri dari sastrawan-sastrawan terbesar Indonesia. Nama-nama penulis emerging terpilih akan diumumkan setelah rapat kurasi pada akhir bulan Mei mendatang. Terus ikuti sosial media dan website UWRF untuk mengetahui informasi terbaru mengenai hasil Seleksi Penulis Emerging Indonesia 2019.