fbpx

Bantu Literasi Indonesia dengan Mendukung Toko Buku Lokal

Posted: 02 June 2020 Author: sikuska

Sebagai festival sastra, Ubud Writers & Readers Festival ingin terus mendukung dunia literasi Indonesia melewati masa sulit ini. Buku adalah jalan untuk mengenali dunia yang lebih luas dan dengan membaca, kita dapat terus meningkatkan pengetahuan. Selama pandemi, banyak toko buku lokal yang terpaksa tutup. Beberapa di antaranya berusaha bertahan dengan mengalihkan penjualan melalui media online. Kami ingin mendorong masyarakat Indonesia untuk bantu mendukung toko-toko buku di Indonesia yang masih membuka tokonya. Berikut daftar toko buku lokal di Indonesia yang dapat Anda dukung:

GANESHA BOOKSHOP

Didirikan di Ubud tahun 1986, Ganesha Bookshop spesialis menjual buku langka, baik bekas, maupun baru tentang budaya Indonesia dalam Bahasa Inggris. Toko buku ini juga fokus pada pengarang Indonesia yang karyanya sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Ganesha Bookshop menyediakan koleksi yang lengkap untuk buku bekas sastra dunia klasik, non-fiksi, seni dan spiritualitas.

 

TOKO BUKU INDIE

Toko Buku Indie atau biasa disebut Toko Budi adalah sebuah toko buku sederhana di sekitaran Kota Yogyakarta yang melayani penjualan secara offline dan online. Koleksi buku di Toko Budi didominasi buku-buku yang diterbitkan secara indie dengan genre sastra, sosial budaya, dan humaniora.

POST BOOKSHOP & PRESS

POST adalah toko buku kecil dan penerbit independen yang berbasis di Pasar Santa, Jakarta. Sejak 2014, toko buku ini menyediakan fiksi sastra, non-fiksi kritis, dan narasi kreatif dari penerbit independen di Indonesia, ditambah dengan rotasi eklektik judul-judul bahasa Inggris. POST Press, cabang penerbitan mikronya, telah merilis beberapa judul buku mulai dari puisi hingga sastra anak-anak sejak awal 2016, tiga di antaranya telah diterbitkan secara internasional. POST juga dikenal dengan rangkaian acara komunitasnya yang ramai, yang sekarang dilakukan secara online melalui seri #POSTBookClubAtHome IG Live selama pandemi.

THE LUCKY BOOMERANG BOOKSHOP

The Lucky Boomerang Bookshop adalah sebuah toko buku kecil di tengah pusat kota Yogyakarta yang berdiri sejak tahun 1995, tepatnya di jalan Sosrowijayan, dekat dengan Malioboro. Berdiri di antara begitu banyaknya hotel dan losmen, The Lucky Boomerang Bookshop menjual buku travel, kamus, novel-novel baru maupun bekas berbahasa asing (bahasa Inggris, Jerman, Belanda, Perancis, dan lain-lain). Toko buku ini juga menjual kartu pos dan kerajinan tangan khas Jogja. Mengusung slogan “FIX PRICE BUT FAIR”, toko buku ini menawarkan keunikan dari proses jual beli koleksi buku-bukunya. Ketika Anda membeli novel bekas di The Lucky Boomerang Bookshop, maka Anda dapat mengembalikan atau menjualnya kembali ke toko tersebut dan dihargai 50% dari harga saat Anda membelinya.

 

GUEARI GALERI

Gueari Galeri adalah sebuah penerbit independen dan galeri buku foto yang terletak di Pasar Santa, Jakarta. Sejak 2014, selain mengadakan #kelasbukufotoguearigaleri, Gueari Galeri juga rutin mengadakan #ngobrolbukufoto dan #ngobrolfoto untuk meningkatkan literasi visual dan perkembangan buku foto Indonesia. Gueari Galeri telah menerbitkan lebih dari 30 judul buku foto yang telah ikut serta dalam pameran foto di dalam dan luar negeri.

 

KIOS OJO KEOS

Kios Ojo Keos adalah ruang kecil untuk bermusik, berbagi, berdiskusi serta melakukan hal yang positif dan menyenangkan bagi pelaku seni. Para pelaku seni dapat bekerja bersama secara sukarela, berkelompok dan dengan senang hati. Kios Ojo Keos mempunyai misi untuk mendekatkan jarak antara pencinta musik dengan buku dan berbagai kegiatan sehingga menumbuhkan komunitas yang kreatif, inovatif dan berdaya baik secara sosial maupun ekonomi.

 

TRANSIT BOOKSTORE
Transit Bookstore adalah toko buku dengan visi untuk menggabungkan membaca dan pengalaman bepergian. Toko ini menjual buku dengan standar yang tinggi. Uniknya, toko ini menyusun buku berdasarkan tema yang dipilih yang berubah setiap tiga sampai empat  bulan. Saat ini tema mereka adalah ‘Resist!’, di mana toko ini tengah menjual buku-buku dengan kisah-kisah perlawanan.
TOKO BUKU PAPIRUS/TOKO BUKU PARADIGMA ILMU
Toko buku Papirus dan Paradigma Ilmu menyediakan buku-buku pelajaran, agama, novel, perguruan tinggi, dan umum. Berdiri sejak tahun 1994, keduanya diasuh oleh satu keluarga. Selain melakukan transaksi jual-beli, toko ini juga mengadakan kelas filsafat, kelas parenting dan kelas menulis. Beberapa hasil kelas ini dibagikan dalam bentuk tulisan melalui kalaliterasi.com.
Demikian beberapa toko buku lokal di Indonesia yang masih membuka toko fisiknya. Mari bersama bantu mereka tetap berdaya. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi masing-masing toko buku. Selamat membeli buku dan membaca!

Comments are closed.